Recents in Beach

Cukup Bereskan Rumah dan Kalori pun Habis Terbakar!

Akhir-akhir ini, berolahraga di gym atau pusat kebugaran seolah menjadi trend yang banyak dilakukan oleh masyarakat perkotaan. Selain bisa berolahraga tanpa terganggu polousi udara, pusat kebugaran juga bisa dijadikan untuk bersosialisasi dan mengenal orang-orang baru.

Namun, seringkali pusat kebugaran mematok harga yang cukup tinggi bagi masyarakat yang ingin berolaharga di dalamnya. Hal ini menimbulkan kesan bahwa pusat kebugaran hanya merupakan tempat berolaharaga bagi masyarakat kalangan tertentu saja.


Sebenarnya, kita tidak perlu berolahraga di pusat kebugaran untuk menjaga kesehatan atau sekadar membakar kalori yang tertumpuk dalam tubuh. Pasalnya, banyak kegiatan di rumah yang juga bisa membakar kalori jika dilakukan dengan sepenuh hati.

Tahukah anda, dengan melakukan banyak pekerjaan rumah, kita bisa setidaknya membakar 2.000 kalori dalam seminggu. Padahal, pekerjaan rumah layaknya mengepel lantai, mencuci baju atau piring, hingga sekadar menyapu adalah kegiatan yang hampir selalu kita lakukan setiap hari. Pakar kesehatan menyebutkan jika kegiatan mencuci baju untuk satu jam bisa membantu pembakaran kalori hingga 78 kalori atau setara dengan pembakaran kalori jika kita melakukan sit up sebanyak 100 kali.

Sementara itu, jika kita merawat rumput di taman selama satu jam juga bisa membakar 325 kalori, jumlah yang sama jika kita melakukan latihan dengan intensitas tinggi di gym setidaknya 20 menit.

Contoh lain dari pekerjaan rumah yang bisa kita lakukan untuk membakar kalori adalah dengan berkebun. Meskipun terlihat sepele, mencabut rumput, menyiram tanaman, atau bahkan mencangkul tanah untuk menjaga kegemburan ternyata bisa membuat 213 kalori terbakar. Jumlah kalori ini diyakini seimbang dengan jika kita melakukan olahraga sepeda selama 45 menit.

Bayangkan saja jika kita melakukan kegiatan rumah dengan senang hati di setiap harinya. Selain rumah menjadi bersih dan tertata rapi, kita juga bisa mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal. Semoga bermanfaat!