Recents in Beach

10 Tanda Anda Punya Penyakit Ginjal

 
Saat ini, lebih dari 26 juta orang dewasa di Amerika hidup dengan penyakit ginjal. Mirisnya, kebanyakan dari mereka awalnya tidak mengetahui hal ini. Lebih dari 90 persen penderita ginjal tidak menyadari akan tanda-tandanya.
Satu-satunya cara untuk mengetahui secara pasti apakah Anda punya penyakit ginjal atau tidak, adalah dengan melakukan pemeriksaan ke dokter.
Tapi masalahnya, penyakit ini tidak menunjukkan gejala sampai benar-benar sudah parah, seperti sudah terjadi gagal ginjal atau terdapat sejumlah besar protein di dalam urine. Dan kebanyakan orang, akan pergi ke dokter jika mereka sudah merasakan sakit di tubuhnya.
Lalu, bagaimana cara terbaik untuk mengatasinya? Sebenarnya, ada beberapa tanda-tanda di tubuh Anda yang bisa dilihat. Berikut tanda-tanda di tubuh yang bisa menjadi indikasi Anda menderita penyakit ginjal.
1. Sering merasa lelah, kurang energi dan sulit berkonsentrasi. 
Penurunan berat badan pada fungsi ginjal dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan Anda mudah lelah, lemah dan sulit berkonsentrasi. Komplikasi lain dari penyakit ginjal adalah anemia, yang juga dapat menyebabkan kelelahan dan lemah.
2. Anda mengalami kesulitan untuk tidur. 
Ketika ginjal tidak menyaring dengan benar, racun akan mengendap di dalam darah dan akan meninggalkan tubuh melalui urine. Hal inilah yang menyebabkan Anda sulit untuk tidur.
3. Kulit kering dan gatal.
Kulit kering dan gatal dapat menjadi tanda penyakit mineral dan tulang yang sering menyertai penyakit ginjal. Kondisi ini terjadi karena ginjal tidak lagi mampu menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah.
4. Sering buang air kecil.
Jika Anda sering buang air kecil, terutama pada malam hari, ini bisa menjadi tanda penyakit ginjal. Ketika filter ginjal rusak, dapat menyebabkan peningkatan dorongan untuk buang air kecil. Tetapi, sering buang air kecil juga bisa menjadi tanda infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat pada pria.
5. Terdapat darah dalam urine Anda.
Jika ginjal rusak, sel-sel darah bisa 'bocor' dan keluar melalui urine. Selain sinyal penyakit ginjal, darah dalam urine juga dapat menjadi indikasi tumor, batu ginjal atau infeksi.
6. Urine Anda berbusa.
Gelembung berlebihan dalam urine, menunjukkan adanya protein dalam urine. 
7. Bengkak terus-menerus di sekitar mata.
Bengkak di sekitar mata disebabkan karena ginjal Anda telah bocor dan terdapat sejumlah besar protein dalam urine.
8. Bengkak di kaki. 
Fungsi ginjal yang menurun dapat menyebabkan retensi natrium, yang berakibat terjadinya pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki. Tetapi, pembengkakan di kaki juga bisa menjadi tanda penyakit jantung, hati, dan masalah kaki vena kronis.
9. Nafsu makan menurun drastis.
Ini merupakan gejala yang paling umum, penumpukan racun yang dihasilkan dari penurunan fungsi ginjal juga dapat menjadi salah satu penyebabnya.
10. Kram pada otot.
Ketidakseimbangan elektrolit dan kram dapat disebabkan oleh gangguan fungsi ginjal. 
Jika Anda melakukan pemeriksaan ke dokter, pastikan untuk menyebutkan semua gejala yang Anda alami kepada praktisi kesehatan Anda. Jika Anda berisikio menderita penyakit ginjal, biasanya Anda akan diminta untuk melakukan tes urine (ACR) dan tes darah (eGFR).
Sumber: Home Healthy Recipes